Cara Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet

AC mobil mungkin bisa dibilang sebagai salah satu bagian yang paling penting sebagai fitur kenyamanan pengemudi dan penumpang. Di musim panas, AC tentu berperan untuk membuat kabin terasa lebih adem. Ketika musim penghujan, AC juga tak keok penting untuk membuat kaca tak jadi berkabut. Lagipula, mengemudi saat hujan dengan membuka kaca tanpa mengaplikasikan AC, cukup mengganggu saya karena air hujan yang masuk lewat celah jendela.


Melainkan tak sedikit orang yang merasa AC mobil mereka bermasalah. Seumpama saja merupakan AC yang mengeluarkan bau apek atau kurang sedap dan yang paling kerap merupakan AC yang kurang dingin. Problem-situasi sulit tersebut tentu akan cukup mengganggu. Apalagi bila keadaan cuaca yang memaksa kita butuh akan AC mobil yang bagus. Untuk itu, mari kita sedikit lebih mengetahui penyebab dan sistem memecahkan situasi sulit yang awam terjadi pada AC mobil.

tips sistem merawat AC Kendaraan

  • ilustration : driving.ca
  • AC Kendaraan Mengeluarkan Bau
  • Pada dasarnya, bagian yang ada pada AC mobil tak bisa mengeluarkan bau apek yang tak sedap. Melainkan kenyataannya, banyak pemilik mobil yang mendapati kasus seperti ini. Seandainya memang anda mendapati hal seperti ini pada kendaraan anda, mungkin beberapa hal di bawah ini sebagai penyebabnya

Pengaplikasian pengharum mobil yang asal-asalan. Bahan yang diterapkan pengharum yang asal tersebut cenderung berkualitas rendah, sehingga bisa mengotori evaporator dan sulit untuk dibersihkan.

Kotoran dan debu yang terdapat dalam kabin. Kendaraan ini dikarenakan kerap berkendara dengan keadaan jendela terbuka, pemakaian sendal dan sepatu yang kotor saat naik mobil dan sebagainya. Kotoran dan debu tersebut yang kemudian merekat di evaporator dan menjadi penyebab tumbuhnya jamur penyebab bau apek dan kurang sedap.
Asap rokok yang mengandung nikotin bisa lengket pada evaporator dan menjadi berlendir.
AC Kendaraan Problem Dingin

Problem ini sepertinya yang paling banyak dikeluhkan pemilik mobil. Sayangnya, bila kita pergi ke bengkel AC mobil yang kurang terpercaya akan selalu diinformasikan bahwa freon habis dan tinggal diisi ulang saja. Seandainya berdasarkan beberapa sumber, freon tak akan habis untuk waktu yang lama. Seandainya hingga freon habis, itu berarti ada kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin kendaraan kita. Untuk itu perlu diteliti lebih lanjut situasi sulit atau kerusakan sebelum mengisi ulang freon. Lazimnya situasi sulit penyebab AC mobil yang tak dingin diantaranya merupakan :

  • Kebocoran pada selang atau pipa AC yang umumnya disebabkan karena usia, pemakaian part yang kurang bagus atau tak original.
  • Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia, atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil
  • Kerusakan pada bagian kompresor. Sistem terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana berlokasi kompresor AC.
  • Kendaraan Merawat AC Kendaraan Agar Dingin Dan Awet
  • Agar AC mobil konsisten awet dan selalu berprofesi cocok yang kita inginkan, karenanya ada pantasnya untuk mengikuti beberapa tips berikut ini.

Rajin membersihkan kabin dari kotoran dan debu, terutamanya pada karpet bagian depan.
Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.
Jangan mengisap rokok dalam keadaan AC mobil menyala.
Seandainya menyalakan mobil pastikan posisi AC dalam keadaan mati. Tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian menyalakan AC.

Bersihkan kondensor saat anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang merekat, yang bisa menyebabkan kebocoran dan korosi.
Seandainya parkir, sebisa mungkin pilih tempat yang adem dan terlindungi dari sinar sang surya terik. Kendaraan ini supaya kabin tak terlalu panas sehingga kerja AC tak terlalu berat saat dinyalakan.

Cara Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet
-->