Kenali Cara Perawatan Kondensor AC Mobil dengan baik

Tak hanya saat musim panas saja performa AC ini di perlukan, Bagi sebagian pengemudi juga menerapkan / menghidupkan AC pada saat hujan. Padahal sudah dingin, akan tapi hal ini di lakukan dengan maksud dan tujuan supaya kaca depan tidak ada berembun yang dapat menghalangi pandangan sopir. Karenanya dapat disimpulkan kalau keberadaan AC ini benar-benar dibutuhkan. Oleh sebab itu, kita sepatutnya dapat merawat AC mobil dengan baik dan benar.

Namun kadang kita sering kali menyepelekan hal-hal kecil yang dapat menghalangi performa AC, tanpa kita sadari sedikit demi sedikit, lama kelamaan performa AC hal yang demikian dapat terganggu malahan tidak menutup kemungkinan akan rusak parah.



Jika terjadi permasalahan pada AC contohnya AC kurang dingin, panas, mengeluarkan bau atau hanya keluar angin saja dari kolong AC, maka dapat disimpulkan ada kerusakan pada salah satu bagian penyusun AC hal yang demikian. Salah satu Komponen Pada AC Empat yang rentan kerusakan ialah kondensor yang umumnya terletak pada bagian depan kendaraan beroda empat dan terhubung dengan radiator. Namun ada juga kondensor yang terpisah dari radiator sehingga sepatutnya menerapkan kipas tambahan.

Seperti bagian-bagian kendaraan beroda empat yang lain, kondensor AC di kendaraan beroda empat juga membutuhkan perawatan supaya tidak mudah rusak. Biasanya, kerusakan kondensor AC ialah adanya kebocoran pada sirip di depannya. Kecuali itu, kondensor juga dapat rusak kalau kendaraan beroda empat mengalami kecalakaan.

Kebocoran kondensor AC dapat mengganggu siklus pendinginan yang menyebabkan performa AC tidak maksimal. Jika tidak cepat-cepat ditangani, AC dapat rusak sebab kerja AC sepatutnya semakin berat.

Gejala rusaknya kondensor AC dapat terlihat dari tingkat suhu dingin AC. Biasanya, suhu dingin dari AC akan melemah kalau keadaan kondensor tidak prima. Posisi kondensor yang berada di bagian depan kendaraan beroda empat membuat bagian ini rawan terkena kotoran, baik air, debu, atau malahan ranting kayu dan kerikil.

Jadi, saat Anda merasa AC sudah tidak sedingin yang umumnya, ada pantasnya kondensor langsung diperiksa. Bersihkan kotoran yang merekat pada kondensor. Cara membersihkan kondensor AC ini seperti membersihkan intercooler ialah dengan menyemprotkan air.

Dengan menyemprotkan air pada kondensor, kotoran-kotoran yang merekat dapat terlepas  dan kondensor kembali bersih. Ketika menyemprot kondensor, pastikan tidak ada sirip kondensor yang tertekuk.

Kecuali sebab kotoran, umur kondensor AC juga ikut menjadi penyebab rusaknya kondensor. Biasanya, performa kondensor AC akan menurun saat kendaraan beroda empat sudah mencapai jarak 100.000 km. tapi, kondensor masih dapat bertahan sampai 500.000 km kalau Anda rajin membersihkannya.

Kerusakan pada kondensor AC dapat disebabkan oleh benturan keras, jadi Anda sepatutnya ekstra hati-hati serta selalu menjalankan perawatan dan pengecekan rutin untuk menghindari kerusakan pada kondensor AC di kendaraan beroda empat.

Kondensor AC yang sudah rusak parah sepatutnya diganti dan tentunya Anda sepatutnya siap mengeluarkan biaya besar. Oleh sebab itu, sebaiknya keadaan kondensor AC tidak disepelekan.

Semoga dengan adanya tulisan Kenali Cara Perawatan Kondensor AC Empat hal yang demikian di atas dapat berkhasiat dan membantu Anda.

Kenali Cara Perawatan Kondensor AC Mobil dengan baik
-->