Sumber Masalah Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi fitur dalam kendaran yang tak pernah membolos diterapkan pengendara di sejumlah kota yang familiar panas termasuk Jakarta. Apalagi ketika ini telah menjelang musim kemarau yang hampir tiap hari suhnya lebih dari 32 derajat Celcius.
Melainkan, di ketika kau menyalakan AC dan ternyata tiupan anginnya kurang dingin atau hanya terasa angin saja, tentu membikin berkendara jadi tak nyaman. Bila kau mengalami hal tersebut, berarti ada yang salah dengan keadaan AC mobil kau yang patut kau periksa, yang membikin AC mobil tak bisa bekerja secara optimal ketika difungsikan.


Kamu Belum Terampil Nyetir Kendaraan Manual kalau Masih Lakukan 5 Adat Ini
7 Langkah Ini Bikin Kamu Terampil Mengemudi Gunakan Kendaraan Manual
`Kabel Setan`, Favorit Rider Ojek Online untuk Dongkrak Daya Motor
“Bila mendapati AC enggak dingin pada ketika dinyalakan, jangan salahkan cuaca di luar mobil. Soalnya kalau seperti itu ada hal-hal yang enggak beres di bagian AC-nya yang patut diberesin,” papar Technical Support Auto2000, Agus Mustafa ketika dihubungi kumparanOTO, Kamis (10/5).
All New Toyota Rush

AC komputerisasi all new Toyota Rush (Foto: dok. Toyota-Astra Motor)
Kendati demikian, pria yang akrab disapa Pak Haji itu menjabarkan lima hal paling umum dan mendasar yang seringkali menjadi pemicu AC mobil tak bisa bekerja secara optimal. Yuk, simak ulasan kumparanOTO!
1. Freon habis atau kurang
Salah satu penyebab mendasar yang acap kali menjadi pemicu AC tak dingin yakni freon yang habis atau kurang. Pada dasarnya, kata Agus, freon tak akan habis kalau tak ada kebocoran pada sistemnya. Penyebab bocornya bisa berjenis-jenis, bisa sebab sebagian bagian karet yang getas sebab telah lama atau ada yang tak beres pada valve kompresornya.

“Nilai ini sepertinya yang paling acap kali terjadi di AC mobil. Jadi kalau kita ibaratkan, freon ini fungsinya sama dengan darah yang membikin manusia bisa hidup. Semacam juga dengan freon, kalau ada yang tida beres di freonnya, walaupun AC-nya hidup ia tak akan mengeluarkan udara yang dingin alias tak bisa bekerja dengan bagus,” terang Agus.
2. Filter AC tersumbat
Filter atau saringan AC memiliki fungsi untuk menyaring segala debu dan kotoran. Nah, tentunya kalau kau malas untuk membersihkan bagian ini, debu atau kotoran-kotaran lain banyak yang melekat dan tertimbun di bagian saringan yang membuatnya menjadi tersumbat. Bila telah tersumbat, bisa dipastikan peredaran udara yang dibuat tak akan optimal.
Filter AC Kendaraan

Filter AC Kendaraan (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Padahal kondisinya AC mobil hidup, tapi kalau filternya dekil dan tersumbat, tak akan ada udara yang keluar via blower, dan hal itu yang membikin AC mobil kau seolah tak berfungsi dan terasa dingin.
3. Motor extra fan mati atau lemah
Kecuali soal habisnya freon dan tersumbatnya saringan AC, AC yang kurang dingin juga bisa diakibatkan dilema pada extra fan.
Berdasarkan pemaparan Agus, motor extra fan yang bermasalah akan membikin progres kondensasi di dalam kondensor tak bisa berfungsi secara optimal, yang menimbulkan tak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin.
Extra fan

Extra fan (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)
“Soal motor extra fan, dilema intinya ada dua. Antara mati atau tak hidup sama sekali, atau masih berjalan tapi putarannya lemah yang membikin tiupan anginnya itu kecil,” papar Agus.
Bila bagian motor extra fan pada AC mobil kau telah mulai lemah atau bahkan mati, tak ada jalan lain yang bisa kau lakukan selain menggantinya dengan motor extra fan yang baru.
4. Evaporator dekil
Musuh terbesar dari evaporator yakni debu. Perihal hal ini, debu menjadi hal utama yang bisa membikin evaporator AC mobil kau dekil lalu tersumbat yang membikin peredaran AC menjadi tak lancar sebab ada yang menghambat.
Jadi debu atau kotoran yang ada di evaporator yakni debu-debu yang tak bisa tersari oleh saringan atau mungkin bahkan saking banyaknya debu atau kotoran yang ada di bagian saringan.
“Bila Evaporator sih sederhana, kalau ia dekil ya pasti gara-gara kebanyakan debu atau kotoran yang hinggap disana. Bila Evaporator dekil itu peredaran udara yang dihembuskan ke dalam kabin yang harusnya udara dingin menajdi kurang dingin,” jelasnya.
5. Kondensor dekil
Kondensor berlokasi di bagian depan dekat dengan radiator. Tanpa disadari, posisinya acap kali kali mengundang segala kotoran yang mungkin bisa saja hinggap pada ketika kita sedang berkendara.
Nah, ternyata hal tersebut akan berdampak pada metode kerja AC yang bisa menjadi tak dingin. Sebab, kondensor yang dekil akibat lumpur atau kotoran lainnya bisa membikin progres kondensasi menjadi tak optimal.
Kondensor

Kondensor  (Foto: kumparanOTO)
“Kondensor ini lebih seperti pengantar yang fungsinya buang panas yang dibuat dari mesin AC. Bila itu (kondesor) dekil pasti ia enggak akan optimal buang panas, yang imbasnya ke metode kerja AC,” imbuhnya.
Solusi
Apa solusinya kalau kelima hal ini mampir di metode AC mobil kau yang membuatnya tak kapabel bekerja secara optimal?
Agus menjelaskan tak ada jalan lain selain patut membawanya ke bengkel sah untuk ditata. Lebih lanjut, sebab bagian AC yakni sektor yang segala komponennya berada di dalam, maka patut orang yang memang telah ahli untuk menanganinya. Jangan sampai sebab ditangani orang yang bukan ahlinya, membikin AC mobil kau menjadi tambah rusak yang akan menjadi lebih susah untuk mengoreksinya.
Ia mengimbau, ada baiknya sebagai sang empunya kendaraan, kau senantiasa mengecek bagian AC secara rutin tiap 3-6 bulan sekali, atau mencontoh jadwal servis terpola  mobil kau.
“Bila perawatannya rutin, harusnya dilema-dilema seperti ini tak terjadi. Jangan sampai nunggu ada keluhan baru dibawa ke bengkel,” tutup Agus.

Sumber Masalah Penyebab AC Mobil Kurang Dingin
-->