Penyebab AC Mobil Tidak Dingin , ini penyebabnya

Mengapa AC mobil Empat Tidak Dingin?
Panas, macet, AC mobil tak berfungsi, alias keluar angin?

Ato bahkan yang lebih ekstrim lagi. Tidak ada tanda-tanda kehidupan alias mati. Nah jika telah seperti itu, siapa yang berkeinginan disalahkan?

Diri sendiri?

Produsen mobil?

Atau bengkel langganan servis mobil Anda?

Makanya jangan tunggu hingga kejadian!

Mengapa AC Empat Tidak Dingin?
Masih ingat kata pepatah“sedia payung sebelum hujan?

Oleh sebab itu, periksalah situasi mobil Anda, termasuk AC-nya, secara rutin dan terprogram . tak usah setiap hari juga tak apa-apa. Sebulan sekali atau enam bulan sekali juga telah cukup.

Pada prinsipnya, tukang servis di bengkel itu sama dengan dokter. jika Anda datang ke bengkel juga pasti bakalan ditanya oleh si tukang servis, “Ada keluhan apa nih!?”.Nah jika telah seperti itu, tak ada acara lain selain Anda melaksanakan pemeriksaan sendiri (self-diagnosed).

penyebab-ac-mobil-anda-tak-dingin-dan-cara-memperbaiki6

Bagaimana Metode Menuntaskan AC Empat Tidak Dingin?
Namun bagaimana jika lagi bokek?

Ato punya duit tetapi terbatas alias cekak?

Hmm, bisa tak ya melaksanakan service AC mobil sendiri?

Terbukti bisa banget loh!

Namun bagaimana caranya ya?

Nah sebelum kita bahas panjang lebar, yukmari kita simak dahulu tips berikut ini.

1.Periksa situasi AC secara rutin
Lebih baik mencegah daripada mengobati, ato dalam istilah lainnya: Periksalah situasi AC mobil Anda sebelum rusak di kemudian hari.

Oke, tetapi bagaimana caranya?

Guekan bukang tukang ac mobil?

Tidak usah cemas. Caranya mudah kok! Tidak percaya?

Ikuti saja tips berikut ini:

a.Periksa suhu mobil
Anda memeriksa suhu mobil dengan memakai thermometer digital. Komputerisasi benar-benar penting.

Yup! Sebagai langkah pencegahan

Thermometer tak cuma digunakan untuk mengevaluasi suhu badan, tetapi juga untuk mengevaluasi suhu kendaraan bermotor. Caranya dengan mamasukkan ato menyelipkannya ke dalam grill(kisi-kisi) AC di dashboard mobil.

Thermometer Setelah Kyoto KT-01-(1)-1000.png

b.Setel Angin
Biasanya kita Setel angin pada posisi angka 1, lalu periksa suhu paling dingin-nya ada di suhu berapa derajat. Note-to-self: suhu dingin tepat ada di kisaran angka 30C  hingga 80C. Hening pada dikala suhu dingin tepat tercapai maka kompresor akan otomatis cut off.

Terus bagaimana jika suhu telah dibawah 30Ctapi kompresor tak cut off–cut off juga? Sekarang…jangan dibanting thermometer-nya ato di-gebuk mobilnya. Komputerisasi tandanya telah terjadi pembekuan di evaporator.

Hah??

Evaporator?

Pembekuan?

Maksudnya apaan sih?? Temperatur dimaksud dengan pembekuan di evaporator yakni adanya es batu yang mem-block keluarnya angin ke kabin penumpang. Empat seperti inilah yang nantinya mengakibatkanAC mobil Anda berembun.

Terus bagaimana?

Ada cara mengatasinya tak jika sedang darurat dikala belum sempat ke bengkel ac mobil? Ada…hal hal yang demikian bisa diatasi dengan melaksanakan tiga langkah berikut:

1.Setel temperature AC ke posisi off dan angin pada posisi angka 3 atau 4 (posisi  blower max);

2.Matikan tombol AC (tombol kompresor) dan Biarkan selama 3  hingga  4 menit;

3.Gampang coba nyalakan kembali cocok dengan prosedur sebelumnya – angin pada posisi 1 dan seterusnya. Metode masih belum dingin juga, berarti AC Anda memang meminta di-servis.

Empat kan? Ya, tetapi…ada tapinya loh! Servis AC tak stop hingga disitu saja. Masih ada hal lain yang perlu Anda pahami, yakni cara kerja cara dan komponen-komponen pembentuknya.

penyebab-ac-mobil-anda-tak-dingin-dan-cara-memperbaiki7

Metode Sekedar AC Empat
AC atau Air Conditioning, berfungsi untuk mengkondisikan udara di dalam mobil. Apa sih yang dimaksud dengan ‘meng-situasi-kan’? Temperatur dimaksud dengan mengkondisikan yakni menurunkan suhu dan mengurangi tingkat kelembaban udara dalam kabin penumpang.

Mengingat fungsinya yang berat maka AC tentunya membutuhkan enerji yakni bensin. Ya iyalah…mayoritas mobil pake bensin lah. Betul, tetapi yang dialamatkan disini yakni ekstra bensin. Komputerisasi sebabnya, banyak orang yang demi irit bensin rela mematikan AC mobilnya.

Prinsip utama dari cara kerja cara AC hakekatnya ada empat: evaporasi, kondensasi, kompresi, dan ekspansi. Oke mari kita lihat satu per satu pengertian dari ke-empat prinsip hal yang demikian.

1.Evaporasi
Pernahkah Anda mengusap punggung telapak tangan memakai cairan alkohol?

Lama kelamaan pasti Anda akan merasa dingin. Nah, pelaksanaan itulah yang dinamakan evaporasi. Lebih jelasnya lagi, pada dikala alkohol ber-evaporasi maka enerji panas dari kulit Anda akan terangkat.Kesudahannya? Yang rasa dingin di komponen kulit yang terkena alkohol tadi.

2.Kondensasi
Bayangkan bahwa Anda berada dalam ruangan yang bersuhu hangat. Bagian udara di luar ruangan benar-benar dingin. Kemudian ada seorang yang bercermin mata masuk ke dalam ruangan Anda. Pernahkah Anda perhatikan bahwa kaca mata yang diterapkannya akan berembun? Itulah yang dinamakan pelaksanaan kondensasi.

3.Kompresi
Pernahkah Anda memompa ban sepeda?

Pernahkan Anda perhatikan bahwa pada dikala Anda memompa, ujung dari pompa hal yang demikian akan terasa panas?

Empat hal yang demikian terjadi dikarenakan enerji yang dipompakan telah melekatkan molekul-molekul udara yang ada. Kesudahannya?

Timbullah panas.

4.Ekspansi
Pada titik tertentu, tekanan udara yang tinggi dalam ruang tertutup akan merubah sifat zat hal yang demikian menjadi cair. Pada dikala pelaksanaan ekspansi hal yang demikian berlangsunglah, sifat panas udara berubah menjadi dingin.

Empat penjelasan singkat mengenai cara kerja cara AC di mobil Anda. Masih butuh penjelasan yang sedikit lebih mendetail yang terkait komponen AC seumpama?

Boleh…silahkan disimak penjelasan berikut ini:

ilustrasi-cara-kerja-cara-ac-mobil

Apa Saja Bagian AC Empat?
Sebelumnya kita pernah bahas perihal apa saja komponen AC Empat dan berapa harganya.

Nah, kini kita bahas komponennya sebagai pendorong informasi mengapa AC Empat tak dingin.

Bagian pembentuk AC ada lima: kompresor, kondensor, receiver-drier, valve ekspansi, dan evaporator. Kalau ketahui mereka lebih lanjut?

Mari kita bahas satu per satu:

kompresor-chevrolet-zafira-denso

1.Kompresor
Untuk Anda yang lazim ato belum pernah membongkar mesin mobil, ini loh penampakan kompresor:

Kompresor yakni roda pelopor dari cara AC.

Pada dikala AC mobil dinyalakan maka kompresor akan memompa udara dingin dengan tekanan tinggi, ke kondensor.

Ada beberapa komponen dalam kompresor yang paling peka alias paling kerap bermasalah, yakni:

penyebab-ac-mobil-anda-tak-dingin-dan-cara-memperbaiki2

1.Magnetic Clutch Compressor (kompresor kopling magnet).
Mengapa kompresor kopling magnet bermasalah maka AC juga akan otomatis kehilangan fungsinya. Penyebabnya bisa karna rusak ato terbakar. Kecuali itu, tak berfungsinya kopling magnet ini juga berbahaya untuk komponen lainnya. Sedangkan: pulley dan center piece.

penyebab-ac-mobil-anda-tak-dingin-dan-cara-membetuli

Sekedar ganda pada pulley dan center piece bisa membuat keduanya menjadi mudah aus. Mengapa keduanya aus maka tekanan ke kompresor untuk memompa freon juga menjadi lemah.

Apa kesudahannya?

AC mati dan muncul suara srogg ato ngrook pada dikala AC dinyalakan. Dalam beberapa kasus, suara ngrook ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan lainnya. Misalkan kerusakan pada cylinder head (kepala kompresor) alias telah mulai oblak.

penyebab-ac-mobil-anda-tak-dingin-dan-cara-memperbaiki8

2.Sekring dan relay
Fungsi sekring pada kendaraan bermotor sama dengan fungsi sekring di rumah, Peran yang dimainkan juga sama yakni untuk pengaman arus listrik dikala terjadi konsleting. jika sekring putus maka apa yang akan terjadi? Ato jika terjadi kelonggaran pada sambungan-sambungan relay apa yang akan terjadi?

Otomatis arus listrik ke kompresor juga akan stop.

Lalu apa kaprah-kaprah pengaruh yang ditimbulkannya?

AC akan otomatis tak dingin sebab tak ada peredaran pada freon.

penyebab-ac-mobil-anda-tak-dingin-dan-cara-memperbaiki3

3.O-ring
Seal O-ring(karet yang berbentuk O) berfungsi untuk melekatkan sambungan antar komponen dalam AC. Mengapa sambungannya mesti direkatkan? Tujuannya agar tak terjadi kebocoran gas freon.

Seal O-ring terbuat dari bahan dasar karet. Karna-nya komponen ini mudah robek. Penyebab utamanya dikarnakan faktor usia pengaplikasian.jika telah demikian maka tak ada solusi lain selain diganti. Penggantian bisa dilakukan beriringan dengan servis besar lazimnya setahun sekali.

4.Oli kompresor
Apa kesudahannya jika oli pada kompresor berkurang ato habis? Efek-nya tak cuma akan menghalangi kerja AC rupanya tetapi juga jebolnya fungsi kompresor!

Kecuali itu kita juga mesti memandang perubahan warna pada oli kompresor. Oli yang sehat berwarna bening.jika warnanya berubah menjadi cokelat ato kehitaman maka kemungkinan ada komponen kompresor yang telah mulai tergerus.

5.Freon
Freon yakni gas yang tak berwarna, pada ac mobil Freon yang digunakan yakni type R134@.

Dalam cara AC mobil, freon berfungsi sebagai pendingin

Proses freon yakni gas, tetapi penting untuk diingat jika freon ga bisa berkurang ato habis. Terus mengapa ada yang bilang jika freon bisa berkurang? Freon berkurang cuma jika terjadi kebocoran. Lalu bagaimana dong cara terbaik untuk mengembangkan fungsi Freon? Perbaiki dahulu kebocoran yang ada, baru kemudian mengisi ulang gas freon.

Mengapa tips untukAnda:

Pengisian ulang freon sebaiknya dilakukan sesudah cara AC di-vacuum ulang. Supaya cara mesti di-vacuum ulang? Untuk memutuskan tak ada udara yang masih tercampur di dalamnya. Jadi jika berkeinginan mengisi ulang sendiri mending beli dahulu saja vacuum pump-nya.

Untuk memperpanjang usia kompresor, bisa dilakukan juga dengan cara mengganti saringan dryer-nya setahun sekali. Hening dikala dryer diganti, maka oli dan gas freon juga otomatis akan terbuang.

kondensor-toyota-fortuner-bensin

2.Kondensor.
Pernah lihat kondensor?

Mengapa belum, seperti inilah penampakannya:

Kondensor berfungsi merubah uap dingin udara yang bertekanan tinggi menjadi cair. Sebab perubahan ini mewujudkan panas yang cukup besar. Panas ini kemudian dihilangkan dari kondensor via udara yang mengalir ke dalam kondensor.

Salah satu komponen penting yakni kipas kondensor.

Kipas ini berfungsi untuk mengalirkan udara. Supaya udara mesti dialirkan? Kalau kondensor bisa mendinginkan freon yang panas. Metode putaran kipas kondensor melemah ato bahkan mati sempurna, maka AC akan overheat / bermasalah.

3.Receiver-dryer.
Zat cair yang diciptakan di kondensor kemudian menuju ke receiver-dryer. Dalam “daerah penampungan sementara” inilah kelembaban yang ada dihilangkan. Mengapa mesti dihilangkan?

Persoalan kelembaban ini bisa mengakibatkan kerusakan, seumpama: es yang mem-block aliran udara.

Fungsi utama dryer yakni untuk menyerap kotoran dan uap air yang tersirkulasi bersama Freon; dan komponen dari drier yang melaksanakan fungsi ini yakni saringan-nya. Mengapa saringan dari penyerap kotoran ini tersumbat. maka AC mobil akan otomatis tak berfungsi dengan baik. Oleh karna itu, saringan drier ini mesti diganti dikala melaksanakan servis terprogram .

Katup ekspansi
Tekanan udara dari receiver-drier kemudian dialirkan ke katup ekspansi. Katup ini berfungsi untuk merubah sifat panas gas freon menjadi super dingin, sebelum masuk ke evaporator. Metode katup ini kotor ato tersumbat, maka semburan gas freongaakan bekerja secara maksimal. Apa kesudahannya?

Fungsi AC gaakan maksimal alias tak dingin tentunya.

evaporator-daihatsu-sirion-denso

4.Evaporator
Evaporator berlokasi dalam kabin penumpang, tepat di atas kaki penumpang komponen depan.

Evaporator berfungsi menyerap udara panas dari kabin penumpang. Kipas blower dalam kabin penumpang akan mendukung keluar udara sehingga angin dingin bisa tersirkulasi dalam mobil. Di komponen sisi udara evaporator, kelembaban udara akan dikurangi dan embun dihilangkan.

Di akhir dari siklus pendinginan ini, kompresor akan kembali berfungsi embun dari udara dingin yang keluar.

penyebab-ac-mobil-anda-tak-dingin-dan-cara-memperbaiki4

Kalau Tambahan Mengapa Mengapa AC Empat
Kecuali informasi diatas, kami juga berkeinginan membagikan beberapa tips tambahan terkait persoalan lazim AC yang kerap dikeluhkan pengendara.

1.Apa yang mesti dilakukan jika ada bau dari luar masuk ke dalam mobil dikala AC dinyalakan?
Silahkan periksa busa jendela ventilator angin luar: apakah busa masih utuh atau telah robek?

Mengapa busa telah robek, maka ada solusi lain selain diganti busa nya, jendela ventilator peredaran angin luar bisa di tutup / cut off sehingga udara dari luar tak akan pernah mengalir lagi kedalam.

2.Supaya AC mobil beraroma sangit dikala RPM tinggi?
Silahkan periksa lubang firewall.

Bau sangit yang muncul kemungkinan sebab ada celah karet yang terbuka. Celah yang terbuka inilah yang menyebabkan udara dari mesin masuk ke dalam mobil.

3.Supaya AC dinyalakan di posisi low, tetapi hembusan angina/blower tak berfungsi?
Silahkan periksa westarn / resistor / tahanan blower. Kemungkinan besar ada yang putus.

Untuk yang masih lazim, westarn yakni istilah lain dari resistor, ato selengkapnya resistor blower AC.

4.Supaya air AC menetes dalam kabin mobil?
Silahkan periksa evaporator box-nya. Biasanya air hasil kondensasi akan dibuang via selang air pembuangan yang menempel di evaporator box. Nah jika air hal yang demikian tak terbuang maka air hal yang demikian pasti akan menggenang.

5.Apa resikonya jika air menggenang?
Interor mobil akan banjir dan bau lembab jika hingga mengenagi karpet dasar.

6.Apa penyebab air AC Empat menetes?
kemungkinan besar evaporator-nya kotor dan berlendir. Lendir ini lah yang kemudian turun dan menutupi / menyumbat selang air ac pembuangan dan kemungkinan lainnya yakni adanya kotoran yang terhisap oleh blower via jendela peredaran luar.

7.Bagaimana cara menanganinya air AC menetes dikala darurat?
tips penanganannya yakni dengan memakai alat tolong sejenis sumpit. Terus diapakan sumpitnya?

Sumpitnya ditusuk kedalam selang pembuangan dari arah depan. Lakukan dengan pelan dan hati-hati agar tak merusak evaporator.

8.Supaya pada dikala AC dinyalakan ada suara berdesis?
 berdesis lazimnya diciptakan oleh katup ekspansi. Ada 2 penyebab nya yakni : expansi telah mulai ngempos dan Kemungkinan lain yakni pengaruh kurangnya gas freon. Supaya gas freon berkurang? Biasanya karna kebocoran yang mungkin terjadi pada evaporator.

9.Bagaimana cara menangani tombol pengatur setting-an tombol suhu yang macet / keras untuk di putar?
Silahkan periksa lagi karet setting-annya.

Kalau untuk menanganinya yakni dengan menyemprot kawat setting-an dengan wd 40.

Sekian dahulu penjelasan penyebab ac mobil anda tak dingin dan cara membetuli. Serta informasi lain yang mendukung agar AC mobil konsisten bisa dingin.

Semoga berkhasiat.

ac mobil murah

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin , ini penyebabnya
-->